Minggu, 15 Mei 2011

iklan itu apa ?



Makalah Iklan
Disusun Guna Memenuhi Tugas Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia
Dosen Pengampu : Bapak Sukarir Nuryanto

Oleh :
1.      Ika Pratyarini                        (1401410048)
2.      Okky Prasetyo Eko               (1401410083)
3.      Muin Arifah                          (1401410203)
4.      Ganjar Ramdani                   (1401410234)
Rombel 06

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Setiap hari terdapat begitu banyak iklan yang kita saksikan terutama iklan televisi dan iklan cetak. Untuk memproduksi iklan hingga sampai ditayangkan tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit dari ratusan juta hingga mencapai miliran rupiah. Tujuan pemilik produk berani mengeluarkan dana iklan sangat besar tentunya demi untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Tapi bagaimana kalau iklan yang ditayangkan ternyata tidak memiliki impak seperti yang diharapkan. Alih-alih penjualan meningkat, malah sebaliknya iklannya tidak menarik dan tidak membangun minat konsumen untuk mencoba produk. Saya yakin tentu saja mereka merasa kecewa berat dan yang pasti rugi.
Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian iklan ?
2.      Apa tujuan dari iklan ?
3.      Apa saja syarat-syarat dan karakteristik iklan agar efektif ?
4.      Bagaimana strategi periklanan yang  baik ?
5.      Apa  saja jenis-jenis  iklan ?
6.      Apa fungsi  iklan ?

Tujuan
1.        Menjelaskan penertian  dari iklan.
2.        Menjelaskan tujuan dari iklan.
3.        Menjelaskan syarat-syarat dan karakteristik iklan agar efektif.
4.        Mengetahui strategi periklanan yang baik
5.        Menjelaskan jenis-jenis iklan.
6.        Menjelaskan fungsi iklan.


BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Iklan
Iklan (advertising) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kurang lebih adalah menggiring orang pada gagasan.
Rhenald Kasali dalam buku nya secara sederhana mendefinisikan iklan sebagai sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.
Menurut Tilman dan Kirkpatrick, iklan merupakan komunikasi massa yang menawarkan janji kepada konsumen tentang adanya barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan, tempat memperolehnya dan kualitas barang dan jasa tersebut melalui pesan yang informatif dan persuasif.
Menurut Wright, iklan merupakan media komunikasi massa dalam bentuk komunikasi non personal dengan menyewa ruang dan waktu, dirancang untuk memberikan saran pembelian, membentuk hasrat memiliki dengan mengkonsumsinya secara tepat.
Dari pengertian di atas, Iklan merupakan pesan yang disampaikan oleh komunikator yang bersifat komersil maupun nonpersonal tentang barang dan jasa kepada komunikan, melalui media massa yang bertujuan untuk memberikan informasi, membujuk dan mempengaruhi khalayak agar bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan.
Tujuan iklan
·         Mendapat perhatian (Attention) dari konsumen. Apabila iklan ditujukan untuk mendapatkan perhatian, effektifitasnya bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang tahu tentang brand yang diiklankan.
·         Merangsang konsumen untuk membuat penialain atau image yang positif tentang brand yang bersangkutan. Pada konteks ini effektifitas iklan bisa diukur dari sejauh mana image konsumen berubah terhadap brand setelah iklan dipublikasikan.
·         Menumbuhkan keinginan (Desire) di hati konsumen untuk simpati terhadap apa yang diiklankan. Apabila tujuan ini yang dipakai, seberapa banyak konsumen yang mempunyai keinginan untuk membeli brand yang diiklankan menjadi tolok ukur effektifitas iklan.
·         Merangsang konsumen untuk mengikuti (Action) brand yang diiklankan. Effektifitas iklan diukur dengan cara melihat perubahan penjualan setelah iklan beredar.
Ada dua sudut pandang tujuan periklanan, yaitu sudut pandang perusahaan dan sudut pandang konsumen. Dari sudut pandang perusahaan, menurut Robert V. Zacher, tujuan periklanan diantaranya adalah :
Menyadarkan komunikan dan member informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
♣ Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
♣ Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.
Dari sudut pandang konsumen, iklan dipandang sebagai suatu media penyedia informasi tentang kemampuan ,harga, fungsi produk maupun atribut lainnya yang berkaitan dengan suatu produk
Syarat-syarat Iklan
Syarat-syarat iklan adalah sebagai berikut :
1. Bahasa Iklan
·         Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis
·         ungkapkan atau majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif
·          Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan

2. Isi iklan
·         objektif , jujur, singkat, dan jelas.
·         tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain
·          menarik perhatian banyak orang.
Karakteristik Iklan
Iklan memiliki beberapa karakteristik, antara lain:
·         Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
·         Nonpersonal komunikasi.
·         Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
·         Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
·         Bersifat mempersuasi khalayak.
·         Bertujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.
Strategi Periklanan
Strategi periklanan adalah meletakkan dasar kebijakan secara keseluruhan (yang dinyatakan secara ringkas) untuk mencapai sasaran. Strategi menyatakan seperti apa seharusnya pokok-pokok kunci iklan yaitu pedoman-pedoman yang dapat dijadikan kunci untuk bertindak. Strategi menjabarkan kebijakan dalam hal :
·         Memposisikan produk berupa barang/jasa
·         Apa keunggulan dan atribut yang ingin ditinjolka.
·         Siapa khalayak yang ingin diijadikan sasaran
·         Bagaimana cara terbaik menyampaikan pesannya
Jenis-jenis Iklan :
·         Berdasarkan sifatnya, iklan dibedakan atas :
a.    Iklan niaga dibuat untuk mempengaruhi khalayak/masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan mengunakan produk yang diiklankan. Contoh : iklan tentang kendaraan.
b.    Iklan nonniaga/layanan masyarakat dibuat untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap hal yang diiklankan. Contoh : iklan tentang narkoba.

·         Berdasarkan media penyebarannya, iklan terdiri atas :
a.    Iklan Cetak yang penyebarnnya melalui media cetak. Contohnya : poster, spanduk, baliho.
b.    Iklan elektronik yang penyebarannya melalui media elektronik. Contohnya : iklan di TV dan internet.

·         Berdasarkan pendanaan dalam pemasangannya, iklan dibagi menjadi:
a.    Iklan gratis yang dalam pemasangannya tidak memerlukan biaya. Contohnya : pemasangan iklan di www.olx.com
b.    Iklan berbayar yang dalam pemasangannya memerlukan biaya. Contohnya : pemasangan iklan di koran dan televisi.

·         Berdasarkan tujuannya, iklan diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni:
a.    Iklan Informatif (Informative Advertising)
Iklan ini mempunyai ciri-ciri :
-        Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan
-       Menginformasikan perubahan harga dan kemasan produk.
-       Menjelaskan cara kerja produk.
-       Mengurangi ketakutan konsumen.
-       Mengoreksi produk.
Contoh :  Iklan Sony Ericsson Z550i
Iklan ini merupakan iklan informatif karena membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada.
b. Iklan Persuasif (Persuasive Advertising)
    Iklan ini mempunyai cirri-ciri :
-        Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan menggunakan barang dan jasa.
-       Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.
-       Menganjurkan untuk membeli.
-       Mengubah persepsi konsumen.
-       Membujuk untuk membeli sekarang.
Contoh : Iklan Canon Printer PIXMA iP1200
Iklan ini juga tergolong iklan persuasif karena berusaha mempersuasif khalayak untuk membeli Canon Printer PIXMA iP1200 dengan cara menginformasikan keistimewaan yangbdimiliki produk ini.
c. Iklan Reminder (Reminder Advertising)
        Iklan ini mempunyai ciri-ciri :
-  Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang dan jasa.
-  Mengingatkan bahwa suatu produk memiliki kemungkinan akan sangat dibutuhkan dalam waktu dekat.
-  Mengingatkan pembeli dimana membeli produk tersebut.
-  Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind).
-  Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
Contoh : Iklan Simpati Jitu
Iklan ini termasuk iklan reminder karena mendorong pembelian ulang barang dan jasa Simpati Jitu. Selain itu juga menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind), serta menjalin hubungan baik dengan konsumen dengan cara memberikan pelayanan serta tarif yang lebih murah kepada pelanggan Telkomsel, khususnya pengguna Simpati Jitu.
Fungsi iklan :
Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi yang kritis, yaitu: (Shimp,2000)
• Menginformasikan
Iklan membuat konsumen sadar akan adanya produk baru, memberikan informasi mengenai merk tertentu, dan menginformasikan karakteristik serta keunggulan suatu produk.
• Membujuk
Tujuan ini sangat penting pada tahap persaingan, dimana perusahaan ingin membangun permintaan selektif untuk produk tertentu (Kotler, 2000:578). Iklan yang efektif akan membujuk konsumen utnuk mencoba menggunakan/mengkonsumsi suatu produk.
• Mengingatkan
Iklan dapat membuat konsumen tetap ingat pada merk/produk perusahaan. Ketika timbul kebutuhan yang berkaitan dengan produk tertentu, konsumen akan mengingat iklan tentang produk tertentu.
• Memberikan Nilai Tambah
Iklan memberikan nilai tambah terhadap produk dan merk tertentu dengan cara mempengaruhi persepsi konsumen. Iklan yang efektif akan memberikan nilai tambah produk sehingga produk dipersepsikan lebih mewah, lebih bergaya, lebih bergengsi, bahkan melebihi apa yang ditawarkan oleh produk lain, dan secara keseluruhan memberikan kualitas yang lebih baik dari produk lainnya.

• Mendukung Usaha Promosi Lainnya
Dapat digunakan sebagai alat pendukung usaha promosi lainnya seperti sebagai alat untuk menyalurkan sales promotion, pendukung sales representative, meningkatkan hasil dari komunikasi pemasaran lainnya.


Manfaat  iklan
Manfaat iklan antara lain :
1.    Bagi bisnis komersial
·         Memperkenalkan produk kepada masyarakat.
·         Memperluas pemasaran.
·         Menjual barang/jasa kepada masyarakat.

2.    Bagi organisasi nonkomersial
·           Mengajak masyarakat untuk menggerakkan perilaku baik.
·           Sebagai media sosialisasi bagi masyarakat.

3.    Bagi pemerintah
·           Memberikan informasi kepada masyarakat.
·           Sebagi media komunikasi secara langsung maupun tidak langsung.

4.    Bagi masyarakat/konsumen
·         Menumbuhkan kesadaran, iklan membantu masyarakat mengenali suatu barang.
·         Menumbuhkan atau membangun sikap yang diinginkan.
·         Menumbuhkan permintaan akan produk.
·         Membangun identitas merk sehingga menanamkan citra dan ciri-ciri tertentu terhadap produk.






BAB III
PENUTUP

Simpulan
Iklan merupakan pesan yang disampaikan oleh komunikator yang bersifat komersil maupun nonpersonal tentang barang dan jasa melalui media massa agar komunikan mengikuti permintaan iklan tersebut.
Tujuan iklan : menarik perhatian konsumen, merangsang konsumen melakukan penilaian yang ditawarkan iklan, menumbuhkan keinginan konsumen untuk simpati, merangsang konsumen untuk mengikuti permintaan iklan.
Syarat iklan mencakup bahasa yang digunakan dan isi iklan tersebut. Diperlukan strategi periklanan yang baik agar tepat sasarannya.
Jenis-jenis iklan berdasarkan : sifatnya (iklan niaga dan nonniaga), media penyebarannya (media cetak dan elektronik), pendanaan dalam pemasangannya (iklan gratis dan berbayar), tujuannya (iklan informatif, persuasif, dan reminder).
Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi kritis : menginformasikan, membujuk, mengingatkan, memberikan nilai tambah, mendukung usaha promosi lainnya.
Iklan bermanfaat bagi bisnis komersial, organisasi nonkomersial, pemerintah, masyarakat/konsumen.






DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan
http://id.shvoong.com/business-management/technology-operations-management/2043798-syarat-syarat-iklan/
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091202055432AAEbMnF
http://klubdisainer.blogspot.com/2010/01/fungsi-dan-tujuan-iklan.html
http://ratih-indrihapsari.blogspot.com/2007/08/anak-milik-publik.html
http://triantoroblogs.blogspot.com/2009/10/pengertian-fungsi-iklan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar